Muncul Jerawat di Bibir? Ini Penyebab dan Solusinya!


Selain di pipi atau dahi, ternyata jerawat bisa muncul di area yang tak terduga, yaitu bibir. Meski berukuran kecil, pastinya bisa menganggu penampilan dan menimbulkan rasa nyeri jika meradang.

Lalu, apasih penyebab dan cara mengatasinya?

Penyebab Jerawat di Bibir


Secara alami, kelenjar minyak akan menghasilkan sebum atau minyak pada  kulit dan folikel rambut. 


Namun, produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat folikel rambut dan menumpuk sel kulit mati. Kondisi tersebut berpotensi sebagai tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya, muncul peradangan dan berakhir dengan timbulnya jerawat.


Selain itu, kemunculan jerawat di bibir bisa dialami karena beberapa hal, seperti perubahan hormon, mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat, infeksi bakteri di kulit. stres, serta paparan debu dan kotoran.

Lalu bagaimana mengatasi jerawat di bibir? simak caranya berikut ini ya Beauties:

Oleskan obat jerawat

Ada banyak cara efektif untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan mengoleskan obat jerawat di bibir berupa produk krim atau salep. Gunakan produk yang mengandung benzoil peroksida, belerang (sulfur), resorcinol, atau asam salisilat untuk mengurangi produksi minyak berlebihan.

Memilih produk kecantikan bebas minyak

Hal lain yang dapat Beauties lakukan adalah memilih dan menggunakan produk skincare atau makeup yang berlabel ‘non-comedogenic’, artinya produk tersebut berbahan dasar air alias bebas minyak untuk mengurangi munculnya jerawat

Hindari memencet jerawat


Walaupun kadang Beauties gak tahan buat memencet jerawat di bibir,  tetapi lebih baik hindari kebiasaan tersebut ya, supaya tidak menimbulkan infeksi sehingga jerawat akan semakin parah.


Mending kamu pakai sheet mask The Rescue! karena mengandung ingredients yang dinilai efektif meredakan jerawat kemerahan dan menghidrasi kulit kamu.